web analytics

Read: Article By Tribunnews.com

gabriella-thohir-dan-giovanna-thohir_20160617_102739

Bekantan (Nasalis larvatus) merupakan satwa endemik Pulau Kalimantan yang kini terancam keberadaannya, dimana pada tahun 2008 hanya tersisa sekitar 25.000 ekor di habitat asalnya.

Berawal dari keprihatinan terhadap hal tersebut, sejak tahun 2013 lalu Gabriella Thohir dan Giovanna Thohir meluncurkan The Bekantan Twins Project yang merupakan aksi nyata untuk menyelamatkan Bekantan. Mereka kembali mengorganisir penggalangan dana yang kedua untuk pembangunan fasilitas konservasi Bekantan di Pulau Bakut.

Gabriella Thohir, salah satu inisiator The Bekantan Twins Project, mengatakan, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menyelamatkan Bekantan dari kepunahan, namun juga untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi dari masyarakat dalam pelestarian primata.

Giovanna Thohir menambahkan “Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap akan banyak bermunculan kegiatan sejenis lainnya dalam rangka penyelamatan primata dari kepunahan. Hal ini merupakan tugas kita sebagai anak Indonesia untuk mencintai dan menjaga alam Indonesia, flora dan fauna seisinya.”

Ketertarikan si kembar Gabby dan Ghea akan Bekantan, yang memiliki ciri khas berbulu kuning keemasan serta memiliki hidung yang besar, dimulai ketika melakukan observasi langsung di habitat asli Bekantan di Pulau Bakut, Kalimantan Selatan pada tahun 2013 yang lalu, untuk membuat proyek sekolah mengenai konservasi Bekantan saat mereka masih berstatus sebagai siswi SMA Global Jaya Internasional.

Observasi ini difasilitasi oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) dan PT. Adaro Indonesia yang telah memiliki project konservasi Bekantan di wilayah pertambangannya di Kalimantan Selatan.

Okty Damayanti, Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) menjelaskan, dalam mendukung serta mendampingi Gabby dan Ghea merealisasikan proyek tersebut, kami menemukan banyak pencapaian yang luar biasa untuk anak seusia mereka. Dimana proyek sekolah tersebut terus berkembang dan berevolusi menjadi sebuah gerakan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =

Categories